Tuesday, July 31, 2012

APA HUKUM PAKAI LIPSTICK DI BULAN PUASA??



Assalamualaikum..
Persoalan ini bermain difikiranku setiap kali tibanya bulan puasa..Boleh dikatakan setiap kali puasa pasti aku tertanya tanya apakah hukum memakai lipstick di bulan puasa..Banyak yang aku dengaq..ada yang kata boleh..ada yang kata x boleh..aku pun confuse..
Opss aku pakai ni bukan sebab nak bagi bibir ni merah ka apa..tapi sebab bibir aku kering..bila pakai rasa lembap sikit..
Bila aku google2 kat mrs google pun banyak jugak pendapat.

1."Pertanyaan:
Assalamu ‘alaikum. Ustadz, saya mau tanya, apa hukumnya memakai lipgloss atau lipstik ketika puasa? Apakah membatalkan puasa?
Alkatiri (queen**@***.com)

Jawaban:
Wa’alaikumussalam.
Semua bahan kecantikan yang diletakkan di kulit luar, baik yang berbau maupun yang tidak berbau, baik untuk pengobatan dan pelembab maupun untuk kecantikan, atau tujuan lainnya, tidaklah termasuk pembatal puasa, kecuali jika orang yang memakai obat-obatan tersebut menelannya.
Sementara, sebatas ada rasa di mulut, tidak memberikan dampak buruk bagi puasanya, selama tidak ada bagian sedikit pun yang tertelan ke lambung.
Syekh Abdul Aziz bin Baz, dalam Majmu’ Fatawa, pernah ditanya, “Apa hukum menggunakan celak dan peralatan kecantikan lainnya di bulan Ramadan? Apakah bisa membatalkan puasa?”
Beliau menjawab, “Bercelak tidaklah membatalkan puasa, baik bagi lelaki maupun wanita, menurut pendapat yang paling kuat. Hanya saja, menggunakan benda ini di malam hari itu lebih baik bagi orang yang puasa. Demikian pula, pengaruh dari penggunaan obat perawatan wajah, seperti sabun, minyak, dan yang lainnya, yang hanya mengenai bagian luar kulit, termasuk pacar, make-up, dan semacamnya, semua itu boleh dilakukan oleh orang yang berpuasa. Hanya saja, tidak boleh menggunakan make-up jika bisa membahayakan wajah. Allahu waliyyut taufiq.” (Majmu’ Fatawa Ibnu Baz, 15:260)
Syekh Muhammad bin Shaleh Al-Utsaimin pernah ditanya tentang hukum menggunakan krim bagi orang puasa, untuk menghilangkan kekeringan di bibir.
Beliau menjawab, “Diperbolehkan bagi seseorang untuk melembabkan bibir atau hidungnya dengan menggunakan krim, atau membasahinya dengan air, dengan kain, atau semacamnya. Namun, perlu dijaga, jangan sampai ada bagian yang masuk ke perutnya. Jika ada yang masuk ke perut tanpa sengaja maka puasa tidak batal. Sebagaimana orang yang berkumur, kemudian tiba-tiba ada bagian yang masuk ke perut tanpa sengaja, puasanya tidak batal.” (Majmu’ Fatawa Ibnu Utsaimin, 19:224)
Allahu a’lam."
2.Memakai Gincu di Bulan Ramadan
Soalan
Pada bulan Ramadhan ini apakah hukumnya kalau seorang wanita ketika berpuasa memakai gincu 'Lipstik'?
Norafida, KL
 Jawapan
Wanita yang berhias diri seperti memakai wangian, lipstik dan sebagainya ketika ke luar rumah hukumnya berdosa, tak kiralah bulan biasa ataupun bulan Ramadhan. Kerana perbuatan seperti itu hanya dilakukan oleh wanita-wanita pada zaman jahiliyah. Namun berhias untuk menyenangkan hati suami, wajib hukumnya, itupun hindarkan memakainya ketika di siang bulan Ramadhan.

Itulah jawapan yang aku dari hasil kajian aku di google..Sapa2 yang terbaca post ni yang tau jawapan yang sebenaq habaq sat na..:)terima kasih..

4 comments:

pertinam 2010/2011 said...
This comment has been removed by the author.
cAtdOm pWinCess said...

sbenarnye sis,, ikut tjuan pmakaian..kalo pakai sbb bbir kring n risau bbir pecah2 n saket,, diharuskan pakai plembab bbir dsb..tp kalo dgn tjuan b'hias yg boleh mnyebabkan kau adam t'pikat (tabarruj) hukum dya haram.. ^.^ titew powm pakai gak lip gloss sbb bbir kring.. wallahu'alam bissawab ~

Anonymous said...

Oh my goodness! Amazing article dude! Many thanks, However I am going through issues with your RSS.

I don't know the reason why I am unable to subscribe to it. Is there anyone else getting similar RSS problems? Anyone who knows the solution can you kindly respond? Thanx!!
Also see my page - grumpy cat

Lavender Mummy said...

Maaf mencelah, jangan kerana kita takut bibir kering kita ambil alasan memakai pelembap bibir @ gincu.

sebenarnya, banyak perangai kita yang kita tidak sedari semasa kita memakai gincu.

saya ada kupas sikit sebanyak di http://www.lavendermummy.blogspot.com/2014/07/makruh-memakai-gincu-di-bulan-ramadhan.html